Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • FAKULTAS KEPERAWATAN

Posted by : Luthfi Ardi

Deskripsi Jurusan

Deskripsi Jurusan

Jurusan Kebidanan merupakan jurusan yang akan mengajarkan kamu cara menolong persalinan, kamu akan berperan dalam membantu dan memimpin persalinan. Kamu juga akan dilatih untuk melakukan pemeriksaan kehamilan, melakukan perawatan, juga memberikan asuhan kepada pasien. Selain disiapkan menjadi tenaga medis dalam proses persalinan, kamu juga akan berperan dalam membantu ibu saat proses menyusui, pemulihan kesehatan ibu pasca melahirkan, hingga program keluarga berencana. Kuliahnya nggak cuma teori lho, tapi juga didukung oleh praktek.

Pengetahuan dan Keahlian

  • Kemampuan komunikasi
  • Kemampuan beradaptasi dengan lingkungan secara cepat
  • Kemampuan melakukan observasi
  • Kemampuan melakukan analisis
  • Kemampuan berpikir kritis
  • Keterampilan interpersonal

Kenapa Harus Memilih Jurusan Kebidanan?

  1. Ketika lulus kuliah, kamu akan langsung mengucap sumpah profesi Bidan. Tentu saja hal ini menyenangkan kan?
  2. Tenaga medis selalu dibutuhkan, jadi nggak heran kalau waktu tunggu lulusannya untuk dapat pekerjaan pertama relatif singkat. Apalagi kalau Quipperian rajin, pandai, dan tekun, pastilah tawaran pekerjaan akan cepat menghampirimu.
  3. Ilmu yang kamu peroleh selama kuliah begitu dekat dengan kehidupan sehari-hari, jadi sangat bermanfaat untuk diri sendiri, keluarga, orang-orang di sekitarmu, juga masyarakat luas.
  4. Selain jadi Bidan bisa juga kamu merangkap jadi praktisi hypnobirthing ataupun prema birthing setelah mengambil sertifikasi praktisi di bidang ini.
  5. Setelah beberapa tahun meniti karier sekaligus memperluas jaringan ke rekan sejawat, kamu bisa membuka praktek sendiri lho.
  6. Pendidikan Kebidanan akan membuat kamu menjadi seseorang yang multitasking karena terbiasa menjalani berbagai peran, kamu dituntut untuk luwes bergaul namun tetap bisa serius dan teliti saat menghadapi pasien. Bidan juga kerap dianggap memiliki pribadi yang kuat, mandiri, dan lemah lembut, mudah bergaul, dan punya sifat keibuan.Katanya ini juga syarat menjadi menantu idaman lho!

Prospek Kerja

  1. Dosen
  2. Pengasuh Anak Bayi
  3. Pekerja Sosial Medis
  4. Perawat Lansia (Care Worker)
  5. Pekerja Sosial (Social Worker)
  6. Bidan Penyuluh Kesehatan Masyarakat
  7. Wirausaha (Entrepreuner)
  8. Research And Development (RnD)
  9. System Analyst